[Tutorial] Pengenalan SQL Untuk Pembuatan Laporan Custom Pada Software KSP 2 (Bagian 3)


Pengenalan SQL untuk Pembuatan Laporan Custom Bagian 3. Pada tutorial ini ada dibahas penggunaan dari perintah Group By, yang digunakan untuk mengelompokkan data. Biasanya penggunaan perintah group by dikombinasikan dengan perintah sum, min, max, count, dll. Fungsi perintah sum digunakan untuk menjumlahkan data pada kolom, yang biasanya data kolom berisi angka/nominal. Min digunakan untuk mencari nilai terkecil, sebaliknya max digunakan untuk mencari nilai terbesar dari data pada suatu kolom. Sedangkan count digunakan untuk menghitung jumlah data.

sql31

Pada perintah SQL diatas tujuan untuk menampilkan data jumlah pinjaman dan total pinjaman yang dimiliki setiap anggota. Posisi dari perintah group by setelah bagian tabel atau perintah where jika ada, setelah perintah group by, diikuti dengan kolom yang akan menjadi kunci pengelompokkan

sql32

Pada perintah SQL diatas digunakan perintah having yang digunakan sebagai filter pada perintah group by. Penulisan perintah having setelah bagian group by. Sehingga arti dari filter diatas adalah data anggota yang memiliki jumlah pinjaman lebih dari satu.

sql33

Berikut adalah perintah SQL yang melinatkan beberapa tabel, perintah group by, juga perintah select bersarang, dimana didalam perintah select terdapat perintah select. Tujuan dari perintah SQL diatas untuk menampilan data detail pinjaman anggota dari nopinjaman, jumlah pinjaman yang dicarikan, dan angsuran pokok juga angsuran bagi hasil yang telah dilakukan.

Download disini : Format Pdf

Download disini : Software KSP 2 Gratis

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: